Jumat, 06 Mei 2011

PROSES PEMBUATAN REOG

Dibalik keindahan permainan reog ada seni dalam pembuatan peralatan dan perlengkapan reog,

seni tersebut adalah bagaimana suatu produk peralatan reog dapat kelihatan menarik saat dimainkan dan terasa enjoy atau mudah saat pemain reog memainkannya, misalnya suatu dadak merak tidak terasa berat dan tidak stabil. Sehingga kalau seorang pemain reog tidak enjoy dalam menari reog, akankah tariannya akan bagus??? Jadi, seorang produsen harus pintar-pintar dan kreatif dalam pembuatan reog tersebut. Pada bahasan proses pembuatan reog ini saya akan menerangkan tentang proses pembuatan beberapa peralatan reog seperti ragangan (dasaran dadak merak), dadak merak, caplokan (kepala barongan), kendang dll.


RAGANGAN
Ragangan adalah dasaran dari dadak merak, bahannya adalah bambu, rotan, dan benang. Pertama harus membuat rusuknya dari bambu, dari bawah ke atas semakin kecil dan tipis ini berguna agar bisa lemas pada bagian atas reog. Selanjutnya merajut bambu dengan rusuk tadi menggunakan benang, yang sebelumnya bambu sudah di belah2 menjadi kecil sebesar lidi dan panjang. Proses perajutan ini dilakukan dari bawah sampai ujung atas rusuk. Setelah selesai maka tinggal menghias bagian tepi dari rusuk-rusuk dengan rotan dan merajutnya,selain agar lebih indah juga agar kuat. Finishingnya adalah pengecatan, pada umumnya bagian atas merah dan bawah putih, ini melambangkan kita adalh masuk di NKRI dan tak ada negara manapun yg boleh meng-klaim kesenian asli ponorogo Indonesia ini. Warok ponorogo siap maju ke medan perang mempertahankan kesenian ini demi harga diri dan leluhur ponorogo.

DADAK MERAK
Dadak merak adalah komponen utama dalam seni reog, ukuran dari dadak merak bervariasi antara 2 meter sampai 2.5 meter, selain itu ada juga yg lebih besar dan lebih kecil tinggal kemauan dari pembeli. Dadak merak ini dibuat dari ragangan tadi dan dipasang batang merak yang sudah dibelah pada bagian dalam ragangan tadi, batang bulu merak asli adalah bahan terbaik yang dijadikan dasaran ini,,walaupun ada pengrajin yang memakai bunga tebu “gleges” untuk dijadikan dasaran ini,, tapi saya anggap itu tidak kualitas karena tidak bisa bertahan lama sedang kalau pakai batang bulu merak bisa bertahan bertahuntahun. Setelah itu proses pemasangan bulu-bulu merak pada bagian depan dan selanjutnya adalah pemasangan badan burung merak “cohung”, kami mempunyai cadangan burung merak yang mencukupi untuk banyak pembeli. Yang terakhir adalah pemasangan “krakap” atau tempat tulisan identitas dari pemilik reog misalnya dari desa mana atau kecamatan atau provinsi mana gitu.

CAPLOKAN “KEPALA BARONGAN”
Kepala barongan harganya bervarisai berkisar antara 2-11 juta rupiah,,ini tergantung dari kualitas corak dan ukuran dari kulit kepala harimau itu sendiri. Yang harga 2-5 juta merupakan corak bawah sampai menengah sedangkan 6-11 juta merupakan corak menengah sampai kualitas super. Pembuatan caplokan yang pertama adalah pembentukan mulut dari kayu dadap yang ringan dan kuat sehingga pemain reog tidak merasa keberatan dalam menggigit caplokan dan bisa awet dan tahan lama (tidak rapuh), kemudian pemasangan bagian atas caplokan menggunakan bahan mancung (bagian dari pohon kelapa), setelah itu pemasangan kulit kepala harimau dan ditunggu 2-3 hari sehingga sampai kering dan maksimal kualitasnya. Finishingnya adalah pengecatan bagian mulut.

KENDANG
Kendang adalah alat musik yang sangat penting dari gamelan reog, ini dibuat dari kayu pohon nangka yang padat dan tidak berpori-pori sehingga kualitas suara nya lebih bagus dari bahan pohon lain. Pembentukan kendang menggunakan mesin sehingga bisa bagus dan rata, setelah itu dipasangi kulit sapi yang sebelumnya telah direndam air selama semalaman sehingga tidak terlalu rapuh dan bisa awet. Pemasangannya pun menggunakan teori yang bagus sehingga kualitas suara bisa maksimal dan kuat. Setelah itu adalah pemasangan tali, biasanya menggunakan kawat atau daging sapi yang sudah dibuat tali,tinggal selera konsumen. Ini bertujuan agar mudah dalam penyetelan suara tinggi rendahnya. Mungkin hanya ini yang dapat saya berikan tentang proses pembuatan reog sebenarnya masih banyak yang lain yang belum saya jabarkan. Jika anda berminat membeli reog dan peralatannya ataupun sekedar melihat-lihat silahkan datang ke tempat kami yang insyallah kualitas barangnya nomer 1 se ponorogo terutama dadak merak dan caplokan (kepala barongan), trimakasih…..

SILAHKAN DATANG KE
Nama : WARNI
Alamat : dsn.grenteng, ds.Ngampel kec.Balong Ponorogo
No.telf : 081335957677
facebook : Pengrajin Reyog Ponorogo (Pak Warni Grenteng)

2 komentar:

maaf gan saya adalah pengagum seni reog dan sedang mencari revrensi tentang proses pembuatan reog. mohon izin untuk mengcopy link ini.
(beserta sumber terima kasih

blog-reyog.blogspot.com /// majukan budaya bangsa